Semangat Siswa dalam Kegiatan "UJI NYALI" (Ubah Jiwa dengan Nyalakan Literasi)


SMA Negeri 1 Candiroto, pada tanggal 1 Februari 2024, sukses menggelar kegiatan peningkatan literasi siswa yang bertajuk “UJI NYALI” (Ubah Jiwa dengan Nyalakan Literasi). Kegiatan ini diinisiasi dengan tujuan utama memantik jiwa siswa untuk lebih meningkatkan literasi mereka. Acara ini menjadi sarana bagi siswa untuk menggali pengetahuan dan keterampilan dalam membaca, menulis, dan memahami informasi.

Narasumber utama dalam kegiatan ini adalah Bapak Wahyu Setyadi, seorang konsultan majalah sekolah yang telah berpengalaman dalam memotivasi siswa untuk aktif dalam kegiatan literasi. Dalam sesi pembukaan, beliau menginspirasi peserta dengan cerita dan pengalamannya dalam dunia literasi sekolah. Para siswa dengan antusias mengikuti setiap kata yang diungkapkan oleh Bapak Wahyu Setyadi.

Materi pelatihan membuat pojok baca disampaikan oleh Ibu Dwi Astuti, S.Pd., yang merupakan guru bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Candiroto. Ibu Dwi memberikan tips dan trik dalam membuat pojok baca yang menarik dan menyenangkan untuk siswa. Hal ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan merangsang minat baca siswa.

Sesi berikutnya diisi oleh Ibu Sri Peni, S.Pd., dan Ibu Rini Tjahjaningrum, S.Pd., yang merupakan dua guru bahasa Inggris di sekolah tersebut. Keduanya menyampaikan materi tentang strategi meningkatkan minat baca siswa. Melalui presentasi yang interaktif, mereka memberikan wawasan tentang bagaimana menciptakan kebiasaan membaca yang positif dan menyenangkan bagi siswa. Para peserta yang terdiri dari 32 siswa dari kelas X dan XI terlibat aktif dalam diskusi dan tanya jawab.

Kegiatan “UJI NYALI” ini diakhiri dengan sesi refleksi, di mana siswa berkesempatan untuk menyampaikan pemikiran dan pengalaman mereka selama acara. Para peserta menyatakan rasa terinspirasi dan bersemangat untuk menerapkan pengetahuan yang didapatkan dalam kegiatan sehari-hari mereka. Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah para siswa membuat pojok baca di kelas masing-masing dan menerbitkan majalah sekolah. Acara ini berhasil menciptakan atmosfer positif dan membuktikan bahwa literasi dapat dijadikan sebagai alat untuk mengubah jiwa dan meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Candiroto.