"Sampahku Tanggungjawabku", Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kelas X Semester Gasal TP. 2022/2023

Pembelajaran proyek penguatan pelajar pancasila program sekolah penggerak SMA Negeri 1 Candiroto mengusung tema Gaya Hidup Berkelanjutan, dengan subtema Gaya Hidup Ramah Lingkungan. Kegiatan pembelajaran proyek ini dimulai tanggal 12 – 23 September 2022 dengan puncak acara bertajuk Sampahku Tanggung Jawabku pada hari Senin (19/09/22) berpusat di kebun sekolah dengan kegiatan pemilahan sampah dan aksi nyata praktik pembuatan kompos. Kegiatan proyek ini diikuti siswa-siswi kelas X dengan penuh antusias.

Kegiatan PSP bertema Sampahku Tanggung Jawabku bertujuan agar warga sekolah turut andil dalam memiliki peran dan tanggung jawab dalam menanggulangi permasalahan sampah. Sebelumnya siswa kelas X beberapa kelompok berjumlah 6 orang. Kemudian siswa dibekali tentang materi Rasionalisasi dampak sampah terhadap lingkungan, Pengolahan sampah menjadi barang-barang bernilai dan berdaya ekonomi, dan pengolahan sampah organik menjadi kompos. Di hari berikutnya siswa melaksanakan kegiatan aksi nyata pertama yakni pemilahan dan pendataan jumlah sampah yang dilakukan siswa selama 3 hari di rumah masing-masing.

Sekolah berharap dengan adanya kegiatan proyek ini, warga SMA Negeri 1 Candiroto turut menjaga bumi dari sampah dan melindungi bumi dari efek perubahan iklim. Semoga di hari-hari berikutnya akan tertanam disiplin positif bagi seluruh warga sekolah menjadikan perubahan karakter baik dimana sampah yang dihasilkan akan menjadi sebuah tanggung jawab besar pada dirinya yang akan memberikan perubahan besar pada keselamatan bumi.