Seminar Sehari di SMA Negeri 1 Candiroto: "Kenali Diri dan Bangun Resiliensi untuk Generasi Penerus"

Pada tanggal 7 Februari 2024, sebuah seminar sehari digelar di SMA Negeri 1 Candiroto dengan materi utama bertajuk “Kenali Diri Bangun Resiliensi” serta materi tambahan tentang “Growth Mindset”. Acara ini diselenggarakan sebagai bagian dari upaya pembekalan karakter bagi generasi muda, yang dianggap sebagai penerus negeri ini baik dari segi jasmani maupun rohani. Tujuan utama dari seminar tersebut adalah untuk memberikan pemahaman yang kuat kepada para siswa tentang pentingnya memiliki ketahanan diri dalam menghadapi segala tantangan dan permasalahan yang akan mereka hadapi di dunia nyata.

Narasumber dalam acara ini adalah Ibu Sri Muryati, S. Psi., seorang guru BK di SMA N 1 Candiroto, dan Kak Ika Puspitasari, S. Psi., yang mewakili Yayasan Daya Muda Indonesia. Kehadiran mereka diharapkan dapat memberikan wawasan dan pemahaman yang mendalam kepada para peserta mengenai bagaimana cara mempersiapkan diri secara mental dan emosional untuk menghadapi berbagai situasi yang mungkin terjadi di masa depan.

Selain penyampaian materi oleh narasumber, acara tersebut juga dimeriahkan dengan penampilan para siswa kelas XII tahun pelajaran 2023/2024. Antusiasme peserta terasa begitu kuat, terutama dari siswa kelas XII yang menjadi target utama acara ini. Beberapa di antara mereka menyatakan bahwa materi yang disampaikan sangat bermanfaat dan dapat menjadi bekal berharga untuk mengarungi masa-masa setelah lulus dari SMA.

Para siswa juga memberikan tanggapan positif terhadap semangat dan kegigihan yang diharapkan dari mereka sebagai siswa SMANCA. Mereka menyatakan komitmen untuk menjadi penerus yang tangguh dan memiliki semangat juang yang tinggi untuk mencapai cita-cita mereka masing-masing. Dengan adanya seminar ini, diharapkan para siswa dapat semakin memahami pentingnya membangun resiliensi dalam diri serta memiliki mindset yang positif dan berkembang, sehingga dapat menjadi individu yang tangguh dan siap menghadapi segala tantangan di masa depan.